Apakah kalian tau apa itu Ground Staff?

Ground Staff adalah staff maskapai penerbangan maupun staff yang ditunjuk oleh maskapai untuk bertanggung jawab memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat selama di darat atau di kawasan bandara. Jadi urusan penerbangan itu sangat luas cakupannya Quipperian, dan tidak melulu terkait profesi pilot atau pramugari saja. Sangat banyak peran yang terlibat di dalamnya yang perlu diapresiasi, salah satunya adalah ground staff atau airlines crew ini.

Sebelum keberangkatan, staff bertanggung jawab atas prosedur check in, penerbitan boarding pass, penitipan bagasi, dan pengecekan visa paspor. Sementara itu, setelah kedatangan, bertanggung jawab membawa penumpang ke lobi. Adakalanya bertugas memandu penumpang yang sedang mengalami kebingungan atau kesulitan hingga mendukung operasional pesawat.

Dalam dunia kerja terutama dalam Dunia Kebandar Udaraan, ada namanya Posisi Que Pasasi, banyak yang  belum mengetahui tentang Apa Itu Pasasi dan apa saja yang dilakukan Oleh Pasasi atau Job description nya Pasasi, jadi dalam sebuah bandara ada namanya staff bandara atau pasasi.
Dalam dunia kerja sebuah bandara ada posisi namanya Ground handling,  Ground Handling Staff merupakan staff yang menangani penumpang pesawat udara, bagasi penumpang, cargo barang dan pos pos di bandara atau Airport.

Mulai dari proses embarkasi keberangkatan atau (Departure) hingga proses disembarkasi kedatangan baca juga (Arrival) semua itu merupakan tugas Dari Seorang Pasasi Bandara.

Ground Handling sendiri memiliki unit unit pembantu yaitu, ;
  • Pasasi, Pasasi Penerbangan memiliki lingkup kerja mulai dari
  • Check in Counter, Boarding Gate, Transfer Desk, Greeting Service Dan Passenger Service.
Pasasi merupakan bagian dari ground handling Bandara Yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melayani penumpang sebuah maskapai atau airline, mulai pertama dari proses check in Di Counter Check in Maskapai  sampai penumpang si Pesawat Udara naik ke pesawat atau Aircraft.
Staff Pasasi juga melayani proses penumpang yang akan transit di sebuah bandara.
Kemudian Bagage handling, Yang Di dalamnya terdapat pembagian sebagai berikut, pertaman baggage Checker, Lost and Found, Loading Master.
Kemudian CRO,  Ramp Dispatcher, Cargo Handling, bagian Operation, Catering service serta Aviation security Atau Avsec Bandara.

Tugas Ground Staff / Staff Airlines

Ada banyak tugas dan kegiatan para staff bandara yang tentunya berkaitan dengan kegiatan di bandara baik sebelum keberangkatan maupun setelah keberangkatan :

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap perusahaan penerbangan pasti memiliki petugas ground handling yang ditempatkan pada beberapa departemen dengan bidang masing-masing. Nah, untuk mengenal profesi atau pekerjaan pasasi ini, berikut beberapa departemen yang ditangani beserta tugasnya.
  • Ticketing Staff
Departemen ticketing merupakan petugas ground handling yang bertugas untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan tiket konsumen. Tugasnya membantu penumpang dalam pembelian tiket atau pengembalian jika memang dibutuhkan.
  • Checkin Counter
Selanjutnya adalah departemen checking counter yang mana merupakan petugas ground handling yang tugasnya menangani penumpang yang akan melapor untuk melakukan penerbangan. Petugas checkin counter inilah yang akan mencetak boarding pass sekaligus memberikan label pada bagasi penumpang kemudian memasukkannya.
  • Boarding Gate
Petugas ini merupakan bagian dari ground handling yang bertugas di boarding gate. Tugasnya, mendata penumpang yang akan terbang atau akan masuk ke pesawat.
  • Transfer Desk 
Departemen berikutnya bernama transfer desk. Petugas dari departemen ini bertanggung jawab untuk menangani penumpang ataupun barangnya yang akan melakukan transit atau perjalanan lanjutan.
  • Services 
Departemen berikutnya yang ditangani oleh pasasi adalah services. Petugas yang bertanggung jawab disini harus memberikan pelayanan ekstra terhadap penumpang-penumpang khusus. Penumpang yang dikategorikan khusus ini adalah penumpang yang menggunakan kursi roda atau anak-anak yang terbang tanpa mendapatkan pendampingan.
  • Lost and found

Petugas ground handling ini bertempat di terminal kedatangan. Tugasnya menerima laporan dari penumpang yang mengalami kehilangan bagasi atau bagasi tertukar.

Petugas lost and found ini akan standby sebelum exit gate dan akan mengecek apakah bagtag yang terdapat di barang bawaan sama dengan bagtag yang dimiliki penumpang. Bagtag ini diberikan oleh petugas check-in ketika memasukkan bagasi.

  • Customer Relation Officer

Menangani masalah penumpang berkaitan dengan penerbangannya. Petugas ini jugalah yang bertugas menangani penumpang dengan status CIP, VIP hingga VVIP.

  • Cargo Handling

Terakhir adalah petugas kargo yang melayani pengiriman barang, menangani packing barang bawaan penumpang sesuai dengan jenis dan bentuknya dan harus mengetahui barang yang berbahaya yang tidak diperbolehkan dibawa kedalam pesawat.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat di konter maskapai penerbangan di dalam bandara.
  • Melayani penumpang pesawat terbang mulai dari prosedur check in, penerbitan boarding pass, penitipan bagasi, dan pengecekan visa paspor.
  • Memandu penumpang.
  • Mendukung operasional pesawat.

Jenjang Karier

Kalau Quipperian ingin mengembangkan karier bersama maskapai penerbangan, ada beberapa posisi yang bisa kamu tekuni lho. Secara umum, posisi staf penerbangan yang tersedia antara lain, Pilot, Pramugara/Pramugari, Flight Operations Officer, Avionics Technician, Aircraft Maintenance Engineer, Marshaller, Customer Service, dan sebagainya.

Syarat Menjadi Staff Bandara

Untuk posisi staff bandara ini persyaratan yang harus dipenuhi sebenarnya mirip dengan kriteria umum profesi pekerjaan pada umumnya. Ada syarat pendidikan minimal SMA/Sederajat,  Sehat fisik tidak bertato, berusia antara 17 sampai 25 tahun, dan bisa berpenampilan menarik. Syarat khusus untuk meningkatkan kinerja staff bandara diantaranya :

  • Tingkat kebugaran yang baik untuk mengangkat dan memindahkan beban berat
  • Kejujuran dan keandalan
  • Kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim
  • Keterampilan komunikasi yang baik terutama bahasa asing/ bahasa Inggris.
  • Kesediaan untuk bekerja secara fleksibel
  • Kemampuan untuk bekerja dengan cepat, karena waktu penyelesaian yang singkat.
  • Kemampuan komputer kantor dasar seperti MS word, Excel hingga software pelayanan tiket.